Selasa, 13 Juli 2010

Masih sama seperti hari kemaren, pada hari ini kami masih harus pergi ke HCDC (Human Capital Development Center) untuk menjalani pelatihan atau training seputar prakerin di PT. Krakatau Steel (Persero). Namun kali ini materinya adalah tentang keselamatan kerja, kondisi lingkungan kerja, yang memang menjadi inti dari pelatihan ini. Di sini, risiko terhadap kecelakaan kerja buanyak dan besar sekali. Maklum, pabrik baja. Peleburan baja suhunya bisa mencapai 1600 derajat celcius, panas banget kn, mana alat-alat berat seperti crane, forklift berkeliaran di tempat kerja. Maka dari itu, kami wajib memakai helm pengaman dan sepatu safety. Untuk tempat2 khusus kami juga diberi masker agar bahan kimia, scrab, atau debu tidak masuk ke paru-paru kami.

Training kali ini  agak terganggu gara-gara listrik padam akibat meledaknya salah satu trafo yang menyokong kantor HCDC ini. Pemateri yang kesemuanya berasal dari Divisi K3LH (Kesehatan dan Keselmatan Kerja dan Lingkungan Hidup) agak kesulitan karena tidak memakai alat bantu proyektor (presentasi), maka mereka pun berbicara ala kadarnya (tanpa mic. pula). Terakhir, seharusnya diadakan ujian atau evaluasi tentang materi yang telah diberikan, yakni evaluasi tentang pentingnya pengguunaan APD (Alat Pelindung Diri) di perusahaan khususnya di pabrik. Namun,,,,, beruntungnya gara2 listrik mati, maka diputuskan khusus shift ini (pertama sepanjang sejarah, hehehe, lebay) tidak diadakan evaluasi. Horre, gila aja, kalau emang diadain evaluasi bisa sampe jam 9 malam! Peserta harus benar2 lulus evaluasi, kalau tidak lulus harus diremidi pada hari itu juga. Itu yang membuat lama.

Akhirnya kita balik ke kos dah,, dengan perasaan gembira sekaligus bertanya2 kira-kira besok gimana, prakerin untuk yang pertama kalinya…