Senin, 12 Juli 2010

Ini nih, hari pertama kita mulai KP, Kerja Praktek, akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu itu datang juga. Hari pertama, kami harus ke bagian Human Capital Development Center, tempat kita, para Praktikan–sebutan bagi peserta praktek kerja industri–ditraining terlebih dahulu tentang nilai-nilai perusahaan, kondisi lingkungan, dan yang paling penting adalah bahaya-bahaya yang terjadi di lapangan. Maklum, PT. Krakatau Steel–yang merupakan perusahaan baja terbesar di Asia Tenggara–dikenal sebagai tempat high risk, di mana kecelakaan kerja mengintai di mana saja.

Pada hari pertama ini kami berkenalan dengan Bp. Sunarto, selaku penanggung jawab dari praktek kerja industri ini. Ingat bapak ini jadi ingat wingko babad, haha. Jadi gini, awalnya kita harus mulai kerja praktik tanggal 5 Juli sampai 5 September (gila, 2 bulan bo). Namun gara2 kita pada tanggal segitu ada UAS (ujian akhir semester) jadi kami minta diundur satu minggu. Awalnya bapaknya bilang tidak bisa, harus lapor bagian ini itu, repot, coz udah dijadwalin dan bla bla bla. Namun ketika kita ngeles (hehehe), tiba2 bapaknya bilang, ya udah, tapi jangan lupa wingko babad ya. Iyah, ngakak dengernya, tapi ya sudah akhirnya kita beliin deh tu bapak wingko babad.
Hiklah dari kita telat adalah kita akhirnya prakerin (praktek kerja industri) dari 12 Juli sampai 12 Agustus, tidak sampe 2 bulan, hahaha, bisa mati kering kalau 2 bulan di sini.

Setelah itu, kami juga dikenalkan dengan Bp. Bakat Tya Maya Yogha (aneh ya namanya, hehehe, peace pak), sebagai superintendent, yang nantinya akan menandatangai sertifikat kita. Wow, enaknya, dapat sertifikat sudah lulus pusdiklat kalau kita melalui rangkaian kerja praktek ini. Beliau menekankan kalau ini adalah praktek kerja industri, jadi sudah tidak main-main lagi. Kita masuk dunia industri yang berbeda pada saat kita masih di kampus. Mind set kita harus diubah! Itu tandas bapaknya.

Selanjutnya, Abah Dhiyo berbicara tentang masalah etika kerja. Kalau kerja harus begini, begini, dan begitu. Ribet, tapi memang harus dipatuhi. Apalagi kita sebagai praktikan yang notabene adalah orang baru. Iya deh abah, kita bakal nganut. Kemudian penempatan personel praktikan diberitahukan. Pas banget kita dapet di Divisi Teknik Industri, sesuai dengan jurusan dan bidang ilmu kita. Hohoho, jadi ga sabar pengen cepet2 ke sana.

Human Capital Development Center - Tempat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Praktikan Prakerin