Keajaiban mewarnai partai Uruguay vs Ghana yang digelar tadi malam. Uruguay berhasil menyingkirkan satu-satunya wakil benua hitam, Ghana, dengan skor total 5-3. Kedua kesebelasan bermain imbang 1-1 pada sembilan puluh menit regular time dan dua kali lima belas menit extra time. Pertandingan pun harus dilanjutkan dengan adu tendangan pinalti, dan hasilnya Uruguay berhasil melangkah ke babak semifinal setelah menang atas Ghana dengan skor 4-2.

Ghana sebenarnya sempat unggul lebih dahulu lewat tendangan keras Sulley Ali Muntari pada penghujung babak pertama yang menghunjam sebelah kiri gawang Muslera, kiper kesebelasan Uruguay. Pada babak kedua, Uruguay memperbaiki diri, dan akhirnya mereka berhasil menceploskan bola ke gawang Kingson, kiper Ghana lewat freekick apik yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Diego Forlán. Ini merupakan gol keempat Forlán pada gelaran Piala Dunia 2010 ini. Dengan gol ini, ia bersanding dengan Gonzalo Higúain, Gyan Asamoah, Robert Vittek, dan David Villa sebagai pengemas gol terbanyak di Piala Dunia dengan torehan 4 gol.

Pengorbanan Luis Suárez

Setelah permainan berakhir imbang sampai sembilan puluh menit, babak perpanjangan waktu pun digelar. Pada babak pertama perpanjangan waktu berakhir dengan kedudukan masih berakhir imbang, 1-1. memasuki babak kedua perpanjangan waktu, permainan berlangsung lebih seru. Ghana yang mengambil inisiatif serangan, berhasil menciptakan peluang lewat tendangan bebas pada sisi kiri pertahanan Uruguay. Kemelut yang terjadi di depan gawang, disundul oleh pemain termuda Ghana, Dominic Adiyiah, namun bola yang seharusnya masuk ke gawang “diselamatkan” oleh Luis Suarez. Ya, Suarez menangkis bola yang hendak masuk ke gawang dengan tangannya. Alhasil, wasit pun menganugerahkan peristiwa heroik ini dengan kartu merah untuk Suarez.

Tendangan pinalti yang dieksekusi oleh Gyan Asamoah, tidak berhasi membawa Ghana ke babak semifinal karena bola yang ditendang membentur mistar gawang. Uruguay terselamatkan, karena setelah pinalti itu wasit meniup peluit tanda babak kedua perpanjangan waktu berakhir. Baru kali ini kartu merah yang diterima oleh pemain begitu disyukuri oleh semua pihak.

Namun pertandingan belum berakhir, masih ada babak adu pinalti yang menentukan nasib kedua tim, siapa yang angkat koper terlebih dahulu. Mental yang berbicara di sini. Uruguay berhasil melaju ke babak semifinal setelah menang lewat skor 4-2, total Uruguay menang dengan skor 5-3. Uruguay membuka gol lewat Diego Forlán pada babak tos-tosan. Ghana menyamakan kedudukan lewat Gyan yang sebelumnya tidak berhasil menceploskan bola. Muslera menjadi pahlawan Uruguay dengan menangkis dua tendangan pemain Ghana, Stephen Mensah dan Adiyiah. Sementara Uruguay hanya satu algojo yang gagal. Uruguay memastikan kemenangan lewat penendang terakhir, Sebastian Abreu. Gol. Uruguay melaju ke semifinal menantang Belanda. So, pengorbanan Luis Suarez tidak berakhir dengan sia-sia.