8 Maret 2010 M / 22 Rabi’ul Awwal 1431 H

Masih cerita yang sama seputar LKTI UI 2010. Kali ini akan yang akan di bahas adalah apa yang terjadi pada perlombaan hari pertama, 8 Maret 2010, yang terbagi menjadi 4 stage.

Stage 1,
Diberikan waktu maksimal 90 menit untuk menyelesaikan total 60 soal yang terbagi ke dalam 60 batch (1 batch=1 amplop). Tiap batch ada batas waktu maksimal pengerjaan (rekomendasi). Semisal batch 1 100 menit, batch 2 60 menit, dst. Soal yang ada pada tiap-tiap batch mempunyai skor maksimal yang berbeda-beda tergantung tingkat kesulitannya. Semua soal dan pertanyaan berupa numerik alias ngitung, dan berhubungan dengan materi yang diberikan pda perkuliahan di teknik industri. Ada manajemen proyek, programma dinamis (mencari rute terpendek), metode stokastik (game theory, teori antrian), linear programming, statistika dan probabilitas, analisis pengukuran kerja, inventory control, PPIC, ekonomi teknik, analisis dan estimasi biaya, terus apa lagi ya, kayaknya udah semuanya deh, hehe.
Semua soal dalam bentuk uraian dan kita diminta menuliskan jawabannya (boleh pake cara or tidak) pada lembar jawaban yang telah disediakan dan selajutnya diberikan kepada PT (Pendamping Tim). Kalo batch 1 sudah selesai, boleh pilih batch yang mana yang mau dibuka. Mending pilih batch yang gampang, hal ini bisa dilihat dari alokasi waktu yang disediakan untuk tiap-tiap batch. semakin tinggi alokasi waktu yang direkomendasikan, berarti semakin susah soalnya, hehehe.
Soalnya bisa dikatakan gampang, sedang jawabannya yang susah, hehehehe.
Tapi, tipsnya adalah, kLo apal rumus dan paham soalnya, semuanya gampang, ya iyalah, itu mah g tips kale, hehehe

Stage 2,
Stage 2 dibuka setelah stage 1 berakhir (ya iyalah). Di sini kita diberikan soal sejumlah 40 soal pilihan ganda dengan waktu 20 menit. jadi waktu perkiraan rata-rata adalah 0,5 menit tiap soal. Soalnya lebih seputar teori (ya lah, masa 0,5 menit ada itungannya). Teori perancangan organisasi, manajemen, bisnis, pengantar ekonomi, pokoknya yang lebih besifat sosial semua ada di sini. Perilaku organisasi, quotes tiap-tiap pakar juga dijadikan bahan soal. Yang penting cepet aja si, pembagian jatah dan waktu juga harus proporsional dan imbang untuk masing-masing soal.

Stage 3,
Untuk stage3, dinamakan babak betting, di mana kita akan diajak bermain “judi”, karena kita diajak untuk mempertaruhkan nilai atau modal awal yang diberikan kepada kita. Modal awal yang diberikan adalah 1000 point. Untuk batas minimal betting adalah 100, dengan range betting 100-500. apabila jawaban kita salah, maka nilai yang kita akan berkurang sebesar separuh dari nilai yang kita pertaruhkan. jadi, misal kita bertaruh 100, kalo salah nilai kita akan berkurang 50 dan kalau benar akan bertambah 100.
Di babak betting ini, awalnya hanya akan diberikan 2 clue, yakni mengenai soalnya nanti itu masuk mana, apakah statistik, ekonomi teknik, apa PPIC.

Kita boleh tidak ikut bertaruh, namun kLo tidak ikut bertaruh, kita tidak akan pernah tahu isi soalnya kaya gimana, karena soalnya semua tertutup dalam amplop. klo iqut betting amplop baru dibuka kalo g soal masih dalam keadaan tertutup. Semua pertanyaan bersifat numerik atao kaLo orang awam bilang, ngitung semuanya. Kebanyakan yang keluar adalah ekonomi teknik, statistika, dan probabilitas. Total sebanyak 15 soal digeber pada stage 3 ini. Durasi pengerjaan soal juga tergantung dari kerumita soalnya, ada yang 3 menit, ada juga yang 5 menit. kLO mw ambil aman si ga usah ikut terus aja, jadi nilainya masih 1000, hehehehe.

Stage 4,
Setelah melalui stage 3, peserta akan menuju stage 4, di mana akan diberikan 3 macam soal yang harus diselesaikan dalam waktu 1,5 jam (estimasi 1 soal 0,5 jam). Tiga soal tersebut tentang programma dinamis, ekonomi teknik, dan metode stokastik. Untuk soal ini, tipenya adalah essay, hampir sama dengan stage 1 cuma lebih lama dan panjang soalnya. Metode pengerjaan (caranya) lebih baik dituliskan karena akan menambah pertimbangan penilaian dari juri.

Selesai 4 stage pada hari pertama, LKTI UI 2010 masih akan berlanjut pada hari kedua yang merupakan simulasi.
Jadi, tunggu kabar berikutnya.