images1MADU memiliki begitu banyak khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, madu juga kerap digunakan untuk mempertahankan keindahan kulit. Sejak dahulu madu telah digunakan sebagai bahan dasar perawatan kulit. Selain teksturnya yang lembut, kandungan madu sangat kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan potasium yang dapat digunakan sebagai pelembab, penyegar bahkan masker wajah. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai khasiat madu untuk kecantikan, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa resep berikut ini.

Kandungan madu tak hanya dapat menjaga keindahan kulit dan mencegah penuaan dini, tapi dapat pula menjaga keindahan kulit rambut.

Untuk mengaplikasikan madu sebagai pembersih wajah, ada beberapa tahap yang harus ditempuh. Yaitu: campur satu sendok makan madu, satu butir putih telur, satu sendok teh gliserin (dapat diperoleh di apotik), dan satu sendok teh tepung terigu. Campur hingga rata kemudian oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama sepuluh menit. Bilas dengan air hangat.

Untuk Anda yang ingin memanfaatkan madu sebagai penyegar wajah, dapat mengikuti tahap-tahap berikut. Pertama campur satu sendok air lemon, satu sendok teh madu, dan dua putih telur. Lalu campur hingga rata, kemudian oleskan pada seluruh kulit wajah dan leher. Diamkan selama lima belas menit, bilas dengan air hangat, kemudian keringkan dengan handuk sambil tepuk-tepuk perlahan. Sangat sesuai untuk kulit normal cenderung berminyak.

Madu juga dapat digunakan sebagai pelembab, yakni dengan cara campurkan dua sendok makan madu dan dua sendok makan susu. Lalu aduk hingga rata. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama sepuluh menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mengatasi kulit kering.imagesq

Tidak hanya bermanfaat sebagai pelembab wajah saja, madu juga bisa digunakan sebagai pelembab bibir. Oleskan madu pada bibir setiap malam menjelang tidur. Langkah ini untuk membantu melembabkan dan melembutkan bibir, sekaligus menghindari kulit bibir pecah-pecah.

Madu juga bisa digunakan untuk scrub yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati secara perlahan sekaligus nutrisi dan menjaga kelembapan kulit. Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan cara campurkan satu sendok makan kaolin (sejenis mineral alami yang dapat diperoleh di toko bahan kimia), satu sendok teh tepung biji gandum, satu jumput tepung kayu manis, dan satu sendok makan madu. Lalu oleskan pada wajah dan leher, kemudian gosok dengan gerakan melingkar. Bilas dengan air hangat.

Selain sebagai scrub, Anda dapat pula memakai madu untuk berendam. Campur cangkir susu bubuk full cream (terserah), beberapa cangkir madu (secukupnya), dan empat tetes minyak esensial mawar atau lavender dalam wadah. Kemudian masukan campuran tersebut ke dalam bath tub yang telah diisi air hangat. Berendamlah selama kurang lebih lima belas menit. Selain relaksasi, berendam dengan campuran madu dan susu dapat membantu meningkatkan kelembapan dan kehalusan kulit.

Tak sekadar untuk kecantikan kulit, madu juga dapat bermanfaat sebagai conditioner dan masker rambut. Bagi Anda yang ingin memakai madu untuk conditioner, campurkan cangkir madu (sesuai selera Anda) dan minyak zaitun (juga sesuai selera Anda). Lalu oleskan pada rambut sedikit demi sedikit sampai melapisi seluruh rambut, diamkan selama tiga puluh menit, cuci dengan sampo dan bilas dengan baik.

Sementara itu, bila Anda ingin memakai madu sebagai masker rambut, campur secangkir madu, dua sendok makan minyak zaitun dan satu sendok teh air jeruk nipis. Oleskan pada kulit kepala dan rambut sambil dipijat. Kemudian tutup rambut dengan shower cap dan diamkan selama 15-30 menit agar meresap sempurna. Selanjutnya, bilas hingga bersih dengan air hangat dan sampo. Selamat mencoba!