Permasalahan yang kadang dihadapi oleh mahasiswa adalah belajar secara efektif. Berikut ini adalah 5 kiat belajar efektif mahasiswa muslim.

Pertama, mengikuti jalannya perkuliahan dengan tekun, dan beradaptasi dengan lingkungan kampus baru. Kenali dengan baik ekosistem di sekitar Anda. Jangan terpengaruh dengan mahasiswa lama yang jarang pergi ke kampus mengikuti perkuliahan. Paling tidak masa adaptasi mulai dari akomodasi sewa rumah, transportasi, selera makan, penyesuaian waktu lokal, kebiasaan para pegawai administrasi kampus, dan presentasi dosen yang sering memakai bahasa “asing” membutuhkan waktu setahun penuh. Intinya kenali lingkungan anda sebaik mungkin, untuk dapat memposisikan diri dengan benar.

Kedua, hindari kebiasaan menunda waktu untuk terus belajar dan meningkatkan potensi diri. Ingat Anda adalah pendatang baru. Akan terjadi masa transisi hebat mulai dari kebiasaan selera makan, hingga transportasi.. Gunakan setiap kesempatan yang ada seoptimal mungkin dan jangan disia-siakan.

Ketiga, buatlah “schedule” belajar di rumah setelah mengikuti perkuliahan dengan teratur. Biasakan membaca pasal, sub judul atau bab yang akan diterangkan oleh dosen keesokan harinya (dengan catatan jika diktat kuliah sudah turun). Pelajari dan siapkan diri untuk mata-mata kuliah yang akan disampaikan dosen. Jika waktu sudah mendekati ujian pusatkan perhatian pada pelajaran minimal 2 minggu dan maksimal 1 bulan menjelang ujian. Usahakan pada masa-masa itu semua mata kuliah sudah selesai Anda baca dan pahami. Sehingga saat hari-H, kita tinggal mereview pelajaran yang disampaikan tanpa harus melupakan keseluruhan jangkauan materi secara umum.

Keempat, tanamkan dalam diri kita semangat untuk berprestasi. Pacu diri sendiri untuk belajar agar tidak tinggal kelas. Akan tetapi bagi yang telah berupaya maksimal tapi kemudian gagal, jangan berkecil hati dan terus berusaha memperbaiki dan introspeksi diri, jangan hanyut dan tenggelam dalam kegagalan itu.

Kelima, Idza ‘Azamta fa Tawakkal ‘ala-llah. Bertawakallah pada Zat yang Maha Kuasa dan mintalah tambahan ilmu pada Zat yang Maha Berilmu dan Mengetahui, wa Qul Rabbi Zidni ‘Ilman. Intinya jangan lupa untuk berdoa.
Demikianlah, 5 kiat sukses belajar secar efektif, semoga bisa menjadi pembelajaran & bermanfaat.