Sebuah studi di Inggris menyebutkan minyak ikan kemungkinan dapat membantu mencegah “cachexia”, yakni kehilangan berat badan yang parah yang dialami oleh orang-orang yang menderita kanker stadium lanjut. Cachexia, yang terjadi sebagai akibat perubahan dalam metabolis-me dan kehilangan selera, merupakan faktor utama yang menimbulkan rasa sakit dan kematian pada pasien dengan kanker stadium lanjut.

Studi itu menguji 200 orang penderita kanker pankreas. Suplemen tinggi kalori dan tinggi protein diberikan kepada 105 pasien, sedangkan 95 di antaranya mendapat suplemen tinggi protein dan padat energi yang diperkaya dengan asam lemak esensial omega-3 serta vitamin E dan C. Setiap kelompok meminum 480 mg per hari selama delapan minggu. Asam lemak esensial omega-3 ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon dan herring.

Sebelum studi tersebut dilaksanakan, para pasien telah kehilangan tujuh belas persen berat badan mereka dan kehilangan lebih dari tiga kilogram berat badan per bulan. Setelah delapan minggu meminum suplemen tersebut, kehilangan berat badan berhenti pada kedua grup.

Saat mereka menguji data tersebut lebih lanjut, para peneliti menemukan hubungan penting dan langsung antara jumlah berat badan dan penimbunan otot dengan jumlah suplemen minyak ikan yang dikonsumsi pasien. Hubungan tidak ditemukan pada pasien yang meminum suplemen tanpa minyak ikan. Pasien yang meminum suplemen minyak ikan juga melaporkan perbaikan kualitas hidup yang besar. Para peneliti tersebut mengatakan penelitian lebih jauh diperlukan untuk menegaskan penemuan mereka.