Ada beberapa pilihan untuk memotivasi SDM (Sumber Daya Manusia) dalam sebuah perusahaan/organisasi, yaitu antara lain melalui: Fear, Incentives, dan Self Improvement.
1. Menciptakan Rasa Takut (FEAR)
Banyak perusahaan menggunakan cara ini agar karyawannya termotivasi mencapai target atau lebih produktif, dengan menciptakan rasa takut akan sanksi yang dapat dikenakan apabila mereka tidak memenuhi standar perusahaan. Sanksi itu bisa berupa PHK, komisi atau bonus ditahan, pemotongan gaji, dsb. Dalam situasi tertentu cara ini kelihatan efektif namun sebenarnya cara motivasi seperti ini kurang baik apalagi untuk jangka panjang dan secara menyeluruh tidak sehat bagi perusahaan. Hal ini juga dapat membuat karyawan tertekan dan menghambat kreativitas mereka.
2. Memberi Insentif (INCENTIVES)
Cara ini sebenarnya seperti “menggantung wortel didepan mulut keledai.” Selama pancingan tersebut ada dan masih menarik dia akan terus berjalan maju. Masalahnya beberapa orang hanya termotivasi saat ada insentifnya begitu insentifnya tidak ada atau sudah dianggap kurang maka motivasi ikut menurun.
3. Melalui Pelatihan Berkala Utk Pengembangan SDM (Self Improvement)
Orang-orang akan termotivasi apabila dia mengetahui bahwa sumber motivasi terbesar sebenarnya ada didalam diri mereka.  Karena dihati yang terdalam setiap orang ingin alami peningkatan, perkembangan, dan pertumbuhan pribadi serta menjadi pribadi yang lebih baik. Perusahaan dapat menciptakan ini melalui program-program training berkala untuk setiap SDM nya. Pertumbuhan SDM akan berdampak pada pertumbuhan perusahaan dan organisasi.

“Invest in your employee’s personal growth and they will reward you with high motivation!

Tulisan kiriman dari Haryanto Kandani
Motivator & Self Improvement Trainer
Next Level Training & Motivation
Ph: 021 6889 5566
Fax: 021 598 1435
www.haryantokandani.com
About these ads